by taingasu
Published: January 8, 2023 (4 weeks ago)

 

Kepala Pusat Pencahayaan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana, memberi keterangan berkenaan status salah satunya terdakwa Bencana Kanjuruhan, yaitu bekas Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ahkmad Hadian Lukita selesai dibebaskan dari penahanan.

https://beritawiki.us/prediksi-cuaca-bmkg-hujan-siram-jabodetabek-pada-malam-ini/

Ketut menerangkan arsip kasus Akhmad Hadian Lukita salah satu arsip yang dibalikkan ke penyidik karena tidak penuhi persyaratan untuk diteruskan ke penuntutan atau P-21.

“Hingga kami mengaplikasikan P-18 (arsip belum komplet) dan P-19 (pengembalian arsip untuk diperlengkapi) yang ter-update-kan, itu ialah panduan-petunjuk yang perlu dipenuhi dengan penyidik untuk dapat naik ke tahapan penuntutan,” kata Ketut saat diverifikasi di Jakarta, Jumat, 23 Desember 2022.

Ketut mengatakan pengembalian arsip kasus yang belum komplet sebagai proses yang umum dalam penegakan hukum.

Tapi dia memperjelas jika pengembalian arsip itu tidak lalu hilangkan status terdakwanya. “Jadi itu proses biasa, tidak boleh dibuat jika karena itu status terdakwanya dapat ditarik. Itu wewenang penyidik,” tutur Ketut.

Dia menjelaskan wewenang untuk mengambil status terdakwa sebagai wewenang penyidik jika tidak sanggup penuhi panduan Beskal Penuntut Umum (JPU) sama sesuai P-18 dan P-19 yang telah diedarkan. “Karenanya wewenang berada di penyidik,” ucapnya.

Ketut sampaikan, penuntut inginkan penyidik untuk penuhi panduan yang diberi supaya penuhi persyaratan formal dan materil agar arsip kasus dapat diteruskan ke tahapan penuntutan (P-21).

Point Penting dari Beskal Penuntut Umum

Beberapa point yang dikatakan oleh penuntut yang paling penting ialah tindakan materil yang memunculkan korban banyak. “Jadi belum diketemukan ada keterikatan karena karena di antara (bekas) Direktur LIB dalam kemampuannya sebagai direktur dengan tindak pidana yang terjadi di Kanjuruhan. Itu yang pertama,” katanya.

Selanjutnya yang ke-2 , lanjut ia, belum diketemukan ada mens rea (niat jahat) yang mengakibatkan satu peristiwa yang berada di Kanjuruhan. “Jalinan kausalitas itu yang belum diketemukan oleh penyidik, karenanya yang perlu dikejar. Karena ini tindakan materil,” kata Ketut.

Awalnya, Kepala Seksi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo benarkan Akhmad Hadian Lukita dibebaskan dari penahanan karena periode penahanan pada tingkat penyidik telah habis, sementara arsip kasus belum dipastikan komplet.

Menurut Dedi, penyidik akan penuhi arsip kasus sesuai panduan yang diberkan oleh beskal penuntut umum. “Jika sudah ada P-18 dan P-19 ya pekerjaan penyidik lengkapi kembali sama sesuai panduan beskal periset,” kata Dedi.

Dalam pada itu, lima terdakwa bencana Kanjuruhan, yang arsipnya dipastikan komplet atau P21, sudah dilimpahkan penyidik Polda Jawa timur ke Kejati Jawa timur pada tahapan II.

Beberapa terdakwa itu yaitu Ketua Panpel Arema Arema FC Abdul Haris, Security Officer Suko Sutrisno, Danki 3 Brimob Polda Jawa timur AKP Hasdarmawan, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi.

Mereka didugakan dengan Pasal 359 KHUP dan atau Pasal 360 KUHP dan atau Pasal 103 ayat (1) Jo pasal 52 UU RI no 11 tahun 2022 mengenai Keolahragaan.

Polri sudah terima pengembalian arsip kasus ijin tambang ilegal di Kalimantan Timur dengan terdakwa yaitu Ismail Berlubang, Rinto, dan Budi

Polri sekarang ini sudah pastikan status terdakwa pada bekas Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita sudah luruh.

Kejaksaan Agung mengatakan arsip kasus tindak pidana tambang ilegal dengan terdakwa Ismail Berlubang dan dua partnernya belum komplet

Bulan kemarin, Kejagung lakukan pemeriksaan di dua lokasi terkait dengan sangkaan korupsi BTS Kominfo.

Presiden Jokowi rupanya masihlah ikuti laga Liga 1 yang pernah disetop sementara karena bencana Kanjuruhan. Ia menonton Tepat versus Persib.

Saksi dicheck untuk perkuat pembuktian dan lengkapi pemberkasan dalam kasus di PT Surveyor Indonesia.

Kejaksaan Agung memutuskan seorang WNA Amerika, Thomas Van Der Heyden sebagai terdakwa kasus project penyediaan satelit orbit 123

Mahfud MD mengatakan jika Presiden Jokowi bersikukuh untuk menyelesaikan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Paniai, Papua sampai habis.

Kejagung kembali mengambil alih asset berbentuk tanah punya tersangka kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) Benny Tjokrosaputro.

Anis Hidayah, menambah angka 22 kasus yang sudah dilakukan tindakan sebenarnya masihlah jauh dari keinginan Komnas HAM.